Tahun Baru Imlek, Lapas Tanjung Gusta Meniadakan Remisi Bagi Narapidana

Spread the love

Minangpos.net Medan – Kementerian Hukum dan Ham Sumut melalui lembaga pemasyarakatan lapas klas I Tanjung Gusta Medan menyebutkan tidak ada satupun narapidana atau warga binaan yang menerima pemotongan masa hukuman remisi pada perayaan Imlek 2572 tahun 2021.

Kalapas Klas I Tanjung Gusta Medan, Erwedi Supriyatno mengatakan bahwa remisi atau pengurangan masa hukuman pada Imlek tahun ini diberikan kepada narapidana yang beragama Budha. Namun pada perayaan ini tak satupun narapidana yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi tersebut.

“untuk remisi Imlek tahun ini tidak ada yang memperoleh. Hasilnya nol, tidak ada yang mendapatkannya karena tidak memenuhi syarat” pungkasnya.

Hal ini sangat berbeda dengan tahun lalu dimana masih ada 1 napi yang mendapatkan remisi selama 2 bulan kurungan.

Sebagaimana diketahui remisi merupakan pengurangan masa hukuman yang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Menurut pasal 1 ayat 1 keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 tahun 1999, dimana pengurangan masa pidana ini diberikan kepada napi dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana, terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup.

Erwedi juga memaparkan beberapa napi yang sudah bebas melalui program asimilasi. Napi tersebut berjumlah 10 orang dan dapat bertemu dengan keluarga mereka masing masing.

“sebanyak 10 orang napi di Lapas Tanjung Gusta sudah kita keluarkan. Mereka dapat bebas dan bisa beraktivitas seperti biasanya.” Jelasnya

Seperti yang diketahui bahwa program ini sudah diatur dalam Permen Hukum dan HAM No 32 tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

Reporter : faradhisami




2 thoughts on “Tahun Baru Imlek, Lapas Tanjung Gusta Meniadakan Remisi Bagi Narapidana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *