Diterjang Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Perairan.

Diterjang Gelombang Tinggi, BMKG Sumbar Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Perairan

Spread the love

Minangpos.net Padang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Maritim Teluk Bayur mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas perairan. Diperkirakan gelombang tinggi akan menerjang perairan laut Sumatera Barat. BMKG memperkirakan ketinggian gelombang mencapai 2.50 meter di Perairan Mentawai.

Gelombang tinggi juga berpotensi di perairan barat Sumbar dengan ketinggian 0.25 – 1.25 meter. Selain itu perairan utara Siberut dan perairan Bengkulu akan diterjang gelombang dengan tinggi 1.00 – 2.50 meter

Ketinggian gelombang 1.50 – 2.50 meter berpotensi di wilayah Perairan Barat Kep. Mentawai, Perairan Timur Enggano dan Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai – Mentawai.

“Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan. Masyarakat harus waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots,” kata BMKG.

Selain itu transportasi laut seperti kapal tongkang harus mewaspadi gelombang dengan ketinggian 1.50 meter dan kecepatan angin 15 knots. Sementara untuk kapal ferry waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter dengan kecepatan angin lebih dari 21 knots. Bagi kapal ukuran besar seperti kargo/pesiar waspadai ketinggian gelombang 4.00 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knots.




2 thoughts on “Diterjang Gelombang Tinggi, BMKG Sumbar Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Perairan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *