BBKSDA Sumut Lepas Satwa Trenggiling yang Hampir Punah

BBKSDA Sumut Lepas Satwa Trenggiling yang Hampir Punah

Spread the love

Minangpos.net, Padangsidimpuan – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melalui seksi Konservasi Wilayah V Sipirok Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan melakukan pelepasliaran satwa trenggiling di CA Dolok Sibual-buali.

Satwa ini merupakan hewan langka yang hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Hewan yang dilindungi berdasarkan Permen LHK No P.106/MENLHK/ SETJEN/KUM.1/12/2018 ini biasa memakan serangga seperti semut dan rayap.

Melihat populasinya kian menurun trenggiling, masuk dalam hewan yang dilindungi UU. Hewan ini merupakan mamalia yang laris diperdagangkan karena dagingnya yg banyak manfaat.

Sebelumnya trenggiling ditemukan oleh warga Desa Marancar Julu. Masyarakat kemudian melaporkan penemuan tersebut kepada BBKSDA agar segera dilepasliarkan.

Melihat kondisi satwa yang sehat Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan bersama petugas biodiversity PT NSHE dan masyarakat langsung melepasliarkan trenggiling ke habitatnya.

Diharapkan nantinya trenggiling dapat bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Tak lupa BBKSDA mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi masyarakat yang peduli terhadap satwa liar serta mendukung konservasi satwa di Provinsi Sumut.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *