BMKG : Gempa di Tapanuli Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG : Gempa di Tapanuli Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Spread the love

Minangpos.net, Tapsel – Gempa tektonik berkekuatan M4,5 melanda wilayah Tapanuli Selatan dan sekitarnya, Selasa (28/9). Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.53 WIB.

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa, episenter gempa berada di koordinat 1.69 LU dan 99.15 BT. Lokasinya tepat berada di jarak 17 km Barat Laut Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 3 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada segmen Toru,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto.

Gempa tersebut sampai juga mengguncang wilayah Sipirok Tapanuli Selatan. Beruntung tidak ada kerusukan bangunan akibat peristiwa tersebut.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” ucapnya.

Hingga pukul 14.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 4 kejadian gempabumi pendahuluan (foreshock) dan ada 2 kejadian gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *