Dua Hari Dilanda Cuaca Ekstrem Ini Penjelasan BMKG Kota Medan

Dua Hari Dilanda Cuaca Ekstrem Ini Penjelasan BMKG Kota Medan

Spread the love

Minangpos.net, Medan – Kondisi suhu udara di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan dalam 2 hari terakhir cukup panas. Hasil pengamatan mencatat bahwa suhu udara maksimum di wilayah Kota Medan dan sekitarnya mencapai 35,4 derajat Celsius dalam 2 hari terakhir.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebutkan, laporan titik panas (hotspot) di wilayah Sumut juga terus mengalami kenaikan dalam 2 hari terakhir.

“Pada tanggal 2 Oktober 2021 terpantau ada 10 titik panas. Kemudian pada tanggal 3 Oktober 2021 meningkat menjadi 15 titik panas,” kata Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto, Senin (4/10).

Hartanto menyebutkan, kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain, angin dominan masih berasal Monsun Australia bersifat kering sehingga asupan massa udara basah kurang.

“Kemudian kondisi atmosfer lapisan atas di wilayah Sumut dan sekitarnya cukup stabil sehingga, pertumbuhan awan berkurang,” ucapnya.

Selain itu, Hartanto mengatakan bahwa penyebab cuaca panas lainnya yakni gerak semu Matahari tepat berada diatas Khatulistiwa yang menyebabkan suhu udara wilayah sekitar ekuator meningkat.

“Suhu panas ini diperkirakan masih terjadi dalam 2 hingga 3 hari ke depan. Potensi Penambahan titik panas (hotspot) di wilayah Sumut berpeluang besar terjadi,” katanya.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan asap.

“Selain itu tetap jaga kesehatan dengan sering minum air putih dan prokes yang ketat,” imbaunya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *